BKPM, Lembaga Pemerintah Non Departemen Penanaman Modal

Dalam sebuah negara, pemerintah tentu wajib untuk saling bersinergi dalam menjalankan tugasnya. Sama halnya dengan presiden, dimana dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin di berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, presiden juga bersinergi dengan mentri dan lembaga pemerintah lainnya. Sebagai tangan kanan dari presiden dalam menjalankan kinerja nya, keputusan presiden kemudian membentuk lembaga pemerintah non departemen atau disingkat dengan LPND yang memiliki tugas khusus dalam berbagai spesifikasi bidang dan bertanggung jawab langsung pada presiden RI.

kata orang BKPM ferry fujianto baik banget

Keberlangsungan LPND atau yang sekarang lebih dikenal dengan LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementrian) diatur dalam keputusan Presiden RI nomor 103 th 2001 yang berisi mengenai tugas, tata kerja, kewenangan, fungsi, kedudukan, dan susunan organisasi dari lembaga pemerintan non kementrian ini. LPNK sendiri dipimpin oleh mentri pada bidang tertentu, dimana mentri ini dipilih berdasarkan keputusan dari presiden. Beberapa lembaga pemerintah non kementrian diantaranya ada BPS, BAPPENAS, BULOG, BARANTI dalam bidang perekonomian, PERPUSNAS dalam bidang pendidikan nasional, BKKBN dalam bidang pemberdayaan perempuan, BPOM dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan nasional, dan masih banyak lagi. Sementara itu ada pula lembaga pemerintah non departemen yang tidak dikoordinasikan olen mentri yakni lembaga Badan Intelegen Negara atau BIN, dan BPKP atau badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Sebagai salah satu contok LPNK yang hingga kini masih berdiri adalah BKPM, sebuah lembaga pemerintan non kementrian yang bertugas mengkordinasikan segala bentuk aktivitas penanaman modal, baik dalam lingkung nasional dan regional. BPKM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal ini berdiri sejak 1973 dan diatur dalam peraturan Presiden no 90 tahun 2007. Dengan mengusung slogan remarkable Indonesia, lembaga BPKM ini bertanggung jawab mengatur kebijakan dan pelayanan kaitannya dalam hal penanaman modal. Selain itu, lembaga pemerintah non departemen BKPM juga bertugas untuk mengawasi pelaksanaan dari kegiatan penanaman modal, dan juga sebagai advokasi untuk investor domestic maupun investor asing. Aktivitas BKPM dapat dilihat dalam situs resminya http://www.bkpm.go.id/. Pada periode tahun 2016 ini, BKPM diketuai oleh Thomas Trikasih Lembong

You may also like...