Keutamaan Dari Ibadah Umroh Bagi Umat Islam

Salah satu ibadah di dalam agama Islam adalah ibadah umroh, dimana ibadah umroh juga disebutnya sebagai haji kecil. Disebut sebagai haji kecil lantaran juga beberapa rukun di dalam ibadah umrah sama dengan beberapa rukun dalam haji. Seperti menggunakan pakaian ihram, kemudian Sa’i diantara bukit Shofa dan Marwah, juga tawah di Ka’bah. Tapi tentunya ada rukun haji yang tidak terdapat dalam rukun umrah. Seperti wukuf di Arafah, lempar jumrah. Lain daripada itu, apakah kamu mengetahui apa saja keutamaan ibadah umroh ? Nah, itulah yang bakal menjadi topik pembahasan dalam artikel kali ini. Yuk, kita kenali banyaknya keutamaan dari ibadah umrah berikut ini :

1. Mulai dari yang pertama, ibadah umrah dapat menghapus dosa, dimana sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang bunyinya “Dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wassalam bersabda “Ibadah umroh ke ibadah umroh berikunya adalah penggugur (dosa) diantara keduanya, dan haji yang mabrus tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Dapat mensucikan diri layaknya bayi yang baru lahir, dimana bayi yang baru lahir adalah kondisi yang baru lahir alias belum mempunyai dosa. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad bersabda : “Barangsiapa melakukan haji ikhlas karena Allah SWT tanpa berbuat keji dan kefasikan, maka ia kembali tanpa dosa sebagaimana waktu ia dilahirkan oleh ibunya” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Wanita yang melaksanakan ibadah umroh juga memiliki keutamaan tersendiri. Keutamaan ibadah umroh bagi wanita adalah menjadi jihad untuknya. Seperti yang tertuan dalam Hadist Riwayat Ibnu Maja, Dari Aisyah RA, ia berkata : “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad ? Rasulullah SAW menjawab “Iya, dia wajib berjihad tanpa ada peperangan didalamnya, yaitu haji dan umroh””.

4. Allah SWT akan mengabulkan permintaan hamba-Nya, ini adalah keutamaan berikutnya dari ibadah umroh. Dari Ibnu Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Orang yang berperang di jalan Allah dan orang yang menunaikan ibadah haji dan umroh adalah delegasi Allah (ketika) Allah menyeru mereka, maka mereka memenuhi panggilan-Nya. Dan (ketika) mereka meminta kepada-Nya, maka Allah akan mengabulkan (permintaan mereka).

Itulah beberapa dari banyaknya keutamaan ibadah umroh. Dalam melaksanakan ibadah umroh, kita masyarakat Indonesia sendiri dapat dibantu dengan jasa travel umroh seperti Abu Tours untuk memudahkan mengurus dalam hal perjalanan menuju ke Tanah Suci.