Ini Dia Resep Kue Bolu Tape Singkong Panggang Lezat

Singkong merupakan bahan makanan yang semua bagiannya bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, batang hingga akarnya yang merupakan singkong itu sendiri adalah makanan yang dapat diolah menjadi berbagai sajian lezat. Salah satu jenis makanan dari singkong adalah tape, masyarakat Jawa Barat mengenalnya dengan nama peuyeum. Tidak hanya nikmat dimakan langsung, tape juga sangat lezat dijadikan sebagai bahan untuk membuat kue bolu. Tambahan bahan tape dapat membuat bolu menjadi lebih nikmat dan memberikan citarasa manis, asam dan bertekstur lembut. Apalagi ditambah keju, rasanya akan semakin gurih dan lezat. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi resep kue bolu tape singkong keju yang dapat anda buat di rumah dengan mudah. Dalam memilih tape singkong, anda harus memilih tape yang manis tapi jangan terlalu matang hingga berair karena akan menyebabkan kue bolu menjadi bantat atau tidak mengembang.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue bolu tape singkong keju ini diantaranya 300 gram tape singkong dengan kualitas baik, 150 gram tepung terigu berprotein sedang, 150 gram margarin Blue Band yang telah dicairkan, 6 butir telur ayam yang dibagi menjadi 4 butir telur utuh dan 2 kuning telur, 80 ml susu kental manis, 180 gram gula pasir, 1 sendok teh baking powder, 1 sendok teh emulsifier, ½ sendok teh vanili bubuk, dan 50 gram keju parut untuk topping.

Cara pembuatannya, haluskan tape singkong yang telah  dibuang sumbunya. Agar lebih mudah anda bisa menghaluskan menggunakan blender. Tambahkan susu kental manis lalu aduk hingga merata dan sisihkan di wadah berbeda. Siapkan oven yang telah dipanaskan pada suhu 150 derajat celcius dan loyang kotak yang telah diolesi mentega dan ditaburi terigu. Kocok telur ayam, gula pasir, dan emulsifier hingga benar-benar mengental, mengembang dan berwarna putih. Masukkan vanili bubuk lalu kocok lagi sampai rata. Masukkan tape yang telah dihaluskan secara bertahap, kocok dengan kecepatan rendah hingga merata. Tambahkan mentega Blue Bandyang telah dicairkan secara  sedikit demi sedikit, aduk secara perlahan menggunakan spatula. Tambahkan baking powder dan vanili bubuk ke dalam adonan, tuangkan adonan ke ke dalam loyang dan taburi atasnya dengan keju parut. Setelah adonan siap, berikutnya masukkan ke dalam oven untuk dipanggang selama kurang lebih 40 menit sampai matang. Potong kecil-kecil kue bolu tape singkong, dan kue sudah siap untuk dihidangkan.

Itulah resep kue bolu tape singkong keju panggang yang dapat dibuat dengan mudah, selamat mencoba!

You may also like...