Profil Tentang Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor ( IPB )

Institut Pertanian Bogor ( IPB )

Institut Pertanian Bogor ( IPB ) didirikan pada tahun 1963 dengan moto mencari dan memberi yang terbaik. Lokasi kampusnya terletak di Jalan Darmaga, Bogor yag dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. Pada mulanya IPB merupakan cabang dari UI ( Universitas Indonesia) yang berlokasi di Bogor namun memulai berdiri sendiri dengan nama IPB sejak tanggal 1 September 1963. Namun IPB baru terakreditasi mulai tanggal 21 Februari 2013 berdasarkan Badan Akreditasi Nasional ( BAN ).

Lokasi kampus IPB tersebar di beberapa cabang yaitu IPB Baranang Saiang, IPB Darmaga, IPB Gunung Gede, IPB Cilibende dan IPB Taman Kencana. Program studi di IPB terdiri dari 9 fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Kedokteran Hewan, perikanan & Kelautan, Peternakan, Kehutanan, teknologi Pertanian dan MIPA, Ekonomi dan Ekologi. Adapun fakultas pasca sarjana dan program Diploma yang tergabung dalam Institut Pertanian Bogor ini.

Untuk menunjang semua kegiatan yang ada dalam fakultas di kampus ini tersedia berbagai fasilitas. Fasilitas utama yaitu berupa perpustakaan, university Farm, unit labolatorium terpadu, unit pelatihan bahasa, asrama mahasiswa, laboratorium lapangan, dan lain-lain. Selain fasilitas terdapat juga pelayanan kemahasiswaan dan umum yang meliputi beasiswa, pelayanan kesehatan, asrama mahasiswa, bus kampus, ATM center, sepeda kampus dan mini market.

Selain program pasca sarjana adapun program Diploma IPB yang sudah mulai sejak tahun 1980. Seiring dengan perkembangan waktu pada tahun 2004 penyelenggaraan program ini dibuat menjadi 16 program keahlian dan kepengurusanya berada di bawah pengawasan Direktorat. Sudah banyak organisasi kemahasiswaan yang  tergabung dalam beberapa organisasi di santaranya adalah Majelis Permusyawaratan Mahasiswa dan Keluarga Mahasiswa ( MPM-KM).

You may also like...