Trik Mengembalikan Warna Baju Batik yang Cerah

Merawat Baju Batik

Merawat Baju Batik

Sering mengalami baju batik harus luntur ketika dicuci? Kesal bukan dengan kejadian yang seperti ini? Apalagi jika batik yang dicuci merupakan batik kesayangan. Sebenarnya, ada cara mudah untuk menghindari kelunturan yang terjadi pada batik. Hal ini pastinya akan membuat batik Anda tahan lama serta tetap berwarna cerah. Tak ada alasan untuk sering membeli baju bermotif batik terus-menerus jika yang lama masih terlihat cantik.

Bagi para kaum hawa yang tengah bingung menemukan cara merawat baju batik tanpa luntur, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Proses mencuci baju batik

Kebanyakan orang tidak begitu mengerti tentang cara mencuci batik yang benar. Sebelumnya, ada baiknya Anda memisahkan batik dengan pakaian lainnya sebelum dicuci. Usahakan pula batik dicuci dengan tangan tanpa dimasukkan ke dalam mesin cuci. Sebagai pengganti detergen ataupun sabun, Anda harus menggunakan lerak. Lerak sendiri berasal dari buah yang diolah sedemikian rupa sehingga cocok untuk mencuci batik. Ketika mencuci, jangan mengucek terlalu keras agar batik tidak rusak. Begitu pula ketika Anda memeras batik kesayangan. Satu trik terakhir, hindari pemakaian batik berhari-hari atau gunakan sekali saja.

  • Menjemur batik

Kesalahan paling fatal adalah ketika Anda menjemur baju batik yang telah dicuci sebelumnya. Biasanya beberapa orang memilih menjemurnya di bawah terik sinar matahari. Alasannya tentu sederhana, agar batik cepat kering. Padahal dengan begini warna akan lebih mudah pudar sehingga motifnya pun ikutan rusak. Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda menjemur kain di tempat yang teduh atau sekedar diangin-anginkan. Usahakan pula untuk membalik batik ketika dijemur untuk menghindari paparan langsung sinar matahari.

  • Rendam dalam air teh

Cara yang satu ini umumnya sering disampaikan oleh para penjual batik. Warna batik sendiri biasanya yang berwarna coklat. Baju batik berwarna coklat Anda akan tetap terjaga keawetannya. Mengapa harus air teh? Hal ini dikarenakan teh sangat cocok sebagai pengganti lerak yang sulit ditemukan. Warna batik Anda akan tetap cerah seperti sedia kala. Tetapi, Anda tak boleh mengacuhkan cara mencuci serta menjemur batik yang benar. Bila tidak, pasti akan sia-sia saja usaha Anda mengembalikan kecerahan warna batik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *