Keindahan Bawah Laut Krakatau

Selain menyaksikan keindahan bawah laut Krakatau, wisatawan yang ingin menikmati keindahan lainnya dapat memancing di kaki Gunung Krakatau. Gunung Krakatau sudah satu abad lebih tidak aktif dan dihuni berbagai jenis ikan. Air lautnya yang masih bersih dan jernih sangat mendukung aktivitas wisatwan untuk berenang atau snorkeling di Gunung Krakatau.

Saat menyelam, banyak pesona dan kehidupan biota bawah laut yang menyihir penyelam seperti terumbu karang dan aneka jenis ikan yang berenang secara bergerombol. Bila beruntung, penyelam bisa menemui spesies fauna laut yang cantik dan lucu dengan warna merah berpadu garis putih yakni ikan Nemo (amphiprion ocellaris). Ya, ikan nemo di gunung krakatau. Ikan Nemo ini biasanya hidupo diantara karang-karang beracun dan tidak lari ketika didekati penyelam.

ikan nemo

Penyelam juga bisa menikmati indahnya pemandangan laut bekas patahan yang berlekuk-lekuk (drop off). Pada kedalaman 200 meter, terkadang penyelam bisa menemui fenomena alam ajaib berupa gelembung gas metan. Di bawah laut,banyak ditemui biota laut yang langka sehingga menghadirkan tantangan seru bagi penyelam.

Dengan potensi alam seperti ini, pesona dan misteri Gunung Krakatau yang demikian maka masuk akal  bila banyak ilmuwan menjadikan kawasan Gunung Krakatau sebagai laboratorium alam bagi beberapa disiplin ilmu seperti geologi, vulkanologi,biologi, dan konservasi. Bahkan ada juga yang menominasikan Gunung Krakatau sebagai satu dari 7 keajaiban alam dunia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *